Perkumpulan anak-anak bandel setelah 11 tahun (1999-2010) terpisah oleh jarak dan waktu,meski setiap hari terjadi pertengkaran,cek-cok,saling sindir,membuat kecewa,menangis,terluka,juga bahagia dan tertawa namun kita tetap satu,persahabatan yang tiada akan pernah berakhir sampai rambut memutih,sampai kulit mengeriput,pipi peyot dan gigi rontok bahkan sampai akhir hayat..(janjiku padamu..) semangat go!go!go!

Thursday 26 August 2010

Sepenggal kisah lama..

Kisah ini menurutku banyak mengandung hikmah yang dapat kita petik pelajaran..
Kalo tidak salah inget aku masih SMA,tapi dah gak inget kelas berapa,,sekitar tahun 1996-1999..
Saat itu aku duduk di dapur setelah selesai melaksanakan shalat subuh di mesjid,melihat simbokku yang tengah asyik dengan kesibukannya memasak diatas kompor..kalo inget kompor jadi inget bapak,,Huuhh..ntu kompor saking lama atau tua,sering ngadat,ngambek gak mau nyala atau nyala namun kecil,nah..bapak sering bongkar tuh kompor agar bisa dipakai kembali,,bapak...bapak,,
Sayup-sayup terdengar suara pengajian di radio butut di pojok ruangan,radio kesayangan bapak,yang telah menemaninya puluhan tahun yang warnanya saja dah begitu kusem dan suaranyapun hampir2 hilang gak jelas karena antena telah patah,meski dah diganti dengan sambungan kabel panjang yang menjuntai ke langit2 rumah,,kata bapak.."ini bisa tuk pengganti antena,makin tinggi kabel dipasang,makin jernih suaranya," hehe..maklum orangtua zaman dulu..
Seorang ustadz dengan suara beratnya tengah ceramah bab syukur nikmat..
Aku mulai tertarik mendengarkan dan coba dekati radio butut itu,,volume ingin kugede'in namun ternyata dah maksimal,,terpaksa kuping kutaruh deket speakernya..

Ustadz itu mulai bercerita..
Zaman dahulu kala ada seorang pemuda yang sangat gagah,tampan dan besar perawakannya,namun sangat disayangkan pemuda tersebut buta..kawan-kawan pemuda tersebut selalu mengejeknya,sering mempermainkannya,sampai membuat pemuda tersebut rendah diri dan sering menutup diri dirumah..Dia sering menangis meratapi nasibnya,selalu mengeluh dan menggerutu kepada Alloh SWT..
"Ya,Alloh kenapa engkau beri mata padaku namun tidak bisa melihat,,kenapa ya Alloh,apa salah dan dosaku kepadaMu.."
Demikianlah gerutuan pemuda tadi yang hampir tiap saat diucapkan kepada Alloh SWT.
Pada suatu ketika datanglah rombongan kabilah dari suku yang mempunyai adat mengorbankan manusia untuk para dewa mereka,semua pemuda yang ada dikampung tersebut ditangkap kemudian hendak dibawa dan dikorbankan.
Akhirnya dikumpulkanlah semua pemuda tersebut di depan altar persembahan,.para pemuda menangis meratapi nasib malangnya,mereka berteriak-teriak dan saling menyalahkan satu dengan yang lain.
Akhirnya Raja dari suku tersebut datang dan memilih sendiri satu persatu dari pemuda-pemuda itu,saat tepat didepan pemuda yang buta,dia berhenti dan berkata pada pengawalnya..
"Hei pengawal,kenapa kamu bawa pemuda buta ini padaku,andai saja aku korbankan dia,tentu aku akan di murkai oleh dewaku,karena mempersembahkan manusia yang tidak sempurna,.sekarang bawa dia pergi dan kembalikan kemana kamu ambil dia."
Betapa suka citanya pemuda buta tadi,,
Subhanalloh inilah rahasia Alloh selama ini,kalo pemuda buta tadi dilahirkan sama dengan yang lain,mungkin saat ini telah dikorbankan untuk para dewa.
Rasa syukur yang tiada tara,syukur atas nikmat buta yang Alloh berikan padanya..

Aku terhenyak dari kursi yang semakin reyot ini,,Hhhh..menarik nafas dalam-dalam,,Ya Alloh,,aku sangat bersyukur telah diberikan kesempurnaan dalam fisikku,juga bersyukur telah dilahirkan ditengah2 keluarga yang bahagia walaupun kehidupan kami yang sangat sederhana..
Inilah firman Alloh SWT dalam Al-quran :
"Jika kalian bersyukur, pasti Aku (Allah) akan tambah (kenikmatan) untuk
kalian, dan jika kalian ingkar, sesunggahnya adzab-Ku sangatlah pedih."
(Ibrahim: 7)

Yak,bersyukur atas apapun pemberian Alloh kepada kita,baik itu kegembiraan,
kesenangan,kesedihan,masalah apapun..karna yakinlah semua sudah diatur 
oleh Alloh di Lauhul Mahfudz bahkan ribuan tahun sebelum kita dilahirkan 
ke dunia ini..
Kita syukuri apapun bentuk dan macam ragam yang diberika Alloh kepada kita,
tentu ada rahasia dan hikmah yang terkandung saat Alloh berikan itu.
 
Ini merupakan janji Allah subhanahu wata'ala sebagaimana firman-Nya
(artinya):
"Mengapa Allah akan mengadzabmu sementara kamu bersyukur dan beriman?"
(An Nisa': 147) 
 
Semoga dengan sepenggal kisah lama tersebut,memberikan pelajaran untuk kita
 
Persembahan untuk ummeyku tercinta..
Yang sabar ya mey..
Suatu saat doa-doamu kan dikabulkan Allloh SWT,,
Dan tentu ada hikmah dibalik itu semua..
 
Karl Ell the superman 

No comments:

Post a Comment